Sunday, May 24, 2020

Game Open World Dengan Maps Terbesar


Game dengan genre Open World akhir-akhir ini termasuk salah satu game yang banyak di gandrungi gamer-gamers tanah air. Berkat teknologi yang berkembang sangat pesat, game open world pun juga mengalami hal yang sama. Alhasil Developer mampu membuat map game open world yang sangat besar, yang pasti game-game tersebut juga menelan biaya jutaan dolar demi memanjakan pemainnya. 
Berikut adalah beberapa game dengan map terbesar yang pantas kamu coba:

Grand Theft Auto V
Game buatan Rockstar ini dirilis pertama kali di PlayStation 3 dan Xbox 360 pada 17 September 2013, kemudian dirilis untuk Xbox One, Playstation 4 dan PC. Grand Theft Auto V atau lebih disebut GTA V memiliki map 126 KM2, secara sekilas mungkin map GTA V tidak terasa sebesar map GTA San Andreas yang memiliki beberapa kota. GTA V hanya memiliki satu kota yang di kelilingin daerah gurun, lautan, pantai, dan pegunungan. Padahal kenyataanya ukuran map GTA V memiliki ukuran sebesar dua kali map GTA San Andreas, sekaligus menjadi map terbesar dari game seri  GTA. Itu dikarenakan rockstar berusaha membuat kota di GTA V dengan meniru seakurat mungkin dengan dunia nyata. Seperti halnya kota Los Santos didalam game ini akan terasa seperti kota aslinya yaitu Los Angeles, dengan struktur kota, jalan raya, bangunan-banguanan dan juga jalan raya. Kota didalam game ini lebih terasa hidup sehingga pemain tidak akan merasa bosan saat bermain dan tidak akan sadar jika sudah banyak menghabiskan banyak waktu sudah memainkannya. Ketika kamu bermain GTA V dan pergi di wilayah pedesaan atau bukit-bukit maka kamu akan melihat pemandangan di game ini yang tidak kalah indah dengan di dunia nyata.

The Witcher 3 : Wild Hunt
Game ini dirilis pada 19 Mei 2015 diperangkat PC, PS4, Switch, dan Xbox One. Dari banyaknya achievement yang didapat pada The Witcher 3, desain worldnya yang besar dan dramatis di game ini pastinya tidak boleh terlewatkan. Bagaimana tidak, dengan maps seluas 217 KM2, kalian tidak akan pernah bosan untuk memainkannya. Game ini telah menjadi game single player dengan jumlah quest terbanyak, game ini akan membawa kita kedalam dunia medival fantasy yang dipenuhi berbagai mahluk mistis yang terbagi menjadi 6 region openworld.

Xenoblade Chronicles X
Game GRPG openworld buatan developer jepang yaitu Monolith Soft, game ini dirilis esklusif untuk Ninetendo WII pada 29 April 2015. Xenoblade Chronicles X juga menjadi satu-satunya game openworld yang ada di perangkat Nintendo WII, game ini juga memiliki dunia openworld yang bisa di eksplor.

Tom Clancy's Ghost Recon Wildlands
Game ini dirilis pada 7 Maret 2017 di perangkat PC,PS4 dan Xbox One. Seri ke 10 dari franchise Ghost Recon ini adalah game pertama kalinya yang memiliki map openworld, sekaligus mejadi game dengan map terbesar buatan developer Ubisoft. Game ini memiliki map dengan ukuran 440 KM, biasanya game dengan map sebesar ini akan dibagi sesuai progres gameplay dan cerita dari wilayah yang simpel ke wilayah yang rumit. Tapi Wildlands akan membawa kita langsung kedalam hal-hal yang berbahaya pada awal gameplay, game ini bersetting di Bolivia yang dimana sebagian besar wilayahnya hutan belantara dan pegunungan. Pastinya game ini memiliki sistem siang dan malam dan cuaca ekstrem yang terlihat dramatis. Pada saat memainkannya di map seluas ini, pemain tidak akan selalu berjalan menelusuri wilayah-wilayah karena ada kendaraan diamana map tidak akan terasa kecil walaupun mengunakan kendaraan.

True Crime: Street Of LA
Game ini dirilis pada 04 November 2003 di perangkat PC, PS2, Xbox dan Gamecube. Setelah rilis game Grand Theft Auto III pada tahun 2001 lalu, banyak developer yang ingin mengikuti kesuksesannya dengan mencoba membuat game tiruannya yaitu True Crime: Street Of LA. Walaupun tidak menjadi judul game raksasa pada waktu itu, tetapi game ini mampu membawa pemain ke world yang sangat besar. Map di game ini memiliki luas sebesar 621 KM, sangat besar dan bahkan lebih luas dari game seri ke duanya. Dengan map sebesar itu, game Crime: Street Of LA telah melakukan pencapaian yang luar biasa pada waktu itu. Seperti halnya dengan Granf Theft Auto, di game ini pemain juga bisa menggunakan kendaraan untuk mengeksplore kota.

Just Cause 3
Franchise Just Cause selalu berhasil memberikan pengalaman ala film aksi, yang lebih menarik lagi pemain akan terasa di dunia openworld yang sangat luas untuk melakukan hal-hal tersebut. Seri lanjutan dari Just Cause 2 ini dirilis pada 1 Desember 2015, di perangkat PC, Xbox One dan PS4. Just Cause 3 memiliki map terbesar diantara seri-seri sebelumnya, yaitu dengan seluas 1036 KM. Bahkan masih luas dibandingkan dengan map seri Just Cause 4. Sama halnya dengan game Just Cause sebelum-sebelumnya, pemain akan selalu berada pada setting pulau tropis fiksi, dan digame ini tokoh Rico berada dikampung halamannya yaitu di pulau mediteran yaitu pulau Medici. Pulau Medici akan terlihat sangat indah seperti pulau-pulau wisata di eropa, dengan berbagai macam kendaraan di game ini meemungkinkan pemain untuk bisa mengeksplore seluruh map tidak hanya secara horizontal tetapi juga secara vertikal.

Final Fantasy XV
Final Fantasy XV dirilis pada 16 November 2016 untuk PS4 dan Xbox One kemudian dirilis untuk PC pada tahun 2018. Final Fantasy XV memiliki map dengan luas sebesar 1812 KM, saking luasnya versi PC dari game ini membutuhkan ruang kosong penyimpanan sebesar 100 GB lebih, dunia di dunia Final Fantasy XV ini bernama Eos, yang terbagi di 4 region dan akan membutuhkan loading di setiap berpindah region. Tapi tetap setiap region tersebut akan bisa dijelajahi secara openworld.

The Elder Scroll 2: Daggerfall
Mungkin kamu akan mengira bahwa game dengan map terbesar hanya ada di game-game zaman sekarang. Game rilisan pada 20 September 1996 untuk PC ini memiliki luas map sebesar 160.500 KM, bahkan tidak ada pemain yang bisa menembus batas dari map game ini. Dimana map sebesar ini berisi lebih dari 15.000 kota, desa, dan berbagai alam liar. Tersesat saat bermain game ini adalah hal biasa.

No Man’s Sky
No Man’s Sky dirilis pada 9 Agustus 2016 diperangkat PC, PS4 dan  Xbox One. Game ini menggunakan sistem procedural generation sehingga tempat dan planet2 akan terbentuk secara random. Bermain game ini akan pemain akan menjelajahi alam semesta, ekosistem, cuaca dengan terbentuk secara random. Walaupun dengan sistem Procedural generation tetapi tetap seru untuk dimainakan.

Itulah beberapa game dengan map terluas yang bisa kalian coba, dan menurut kalian mana yang menarik.

Give us your opinion