Tuesday, January 26, 2021

Evolusi Sistem Operasi Windows Lengkap

Siapa yang tidak mengenal sistem operasi atau OS Windows? Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Microsoft Inc, dan sistem operasi ini paling banyak digunakan di dunia, hampir sebagian besar komputer memakai sistem operasi ini. 

Windows pertama kali dibuat oleh dua orang yang saling bersahabat sejak kecil, yaitu Bill Gates dan Paul Allen. Windows selalu mengalami perkembangan dari satu versi ke versi lainnya dengan peningkatan kualitas dan fitur-fitur baru. Cukup menarik jika perkembangan OS Windows ini diketahui. Untuk kalian yang penasaran, berikut sejarah perkembangan Sistem Operasi windows:

Windows 1.0

Windows pertama kali hadir dengan versi 1.0, tentunya ini menjadi nenek moyang dari windows yang sekarang ini kita gunakan di komputer. Sebagai sistem operasi yang pertama, tentunya masih memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, jadi pada saat itu Windows kurang populer di pasaran. Dengan desain yang sangat sederhana karena masih menggunakan sistem 16 bit dan menggunakan MS-DOS. Windows 1.0 dirilis pada tanggal 20 November 1985

Windows 2.0

Ini adalah sebagai peningkatan dari versi 1.0, tentunya dengan performa yang lebih juga. Pada versi ini, windows memiliki tampilan resolusi yang lebih baik dari versi sebelumnya berkat perkenalan dengan kartu grafis VGA. Fitur maximize dan minimize pada juga ditemukan oleh Bill Gates. Selain itu, ada juga penambahan perangkat lunak seperti Microsoft Excel dan Microsoft Word. Dari segi penampilan masih sama dengan versi 1.0 yaitu menggunakan skema 16 bit. 

Windows 3.0 & 3.1

Tahun 90-an merupakan adalah titik awal perkembangan windows. Windows 3.0 dirilis pada tanggal 22 Mei 1990, dengan penambahan fitur grafis yang berwarna sehingga menjadi lebih berkualitas. Icon software juga diperkenalkan di versi ini. Selain itu, Windows 3.0 pertama kali support terhadap SVGA dan XGA. Tidak lama kemudian dirilis versi pembaruan yaitu Windows 3.1, dengan penambahan dukungan font TrueType.

Windows For Workgroup

Pada tahun 1992 telah diperkenalkan Windows For Workgroup, yaitu sistem operasi berbasis workgroup. Sistem operasi ini sebenarnya sudah dimunculkan di windows 3.1, tetap perkembangan lebih lanjut terdapat pada versi 3.1.1. 

WIndows NT

Evolusi windows kemudian berlanjut ke WIndows NT. Dave Cutler sebagai pemimpin arsitek sistem operasi VMS di perusahaan DIgital Equipment Corporation, yang sekarang sudah dibeli oleh Compaq. 

Windows 95

Sesuai dengan tahun perkenalannya yaitu tahun 1995, windows versi ini sudah terintegrasi dengan 32-bit TCP/IP dan juga mendukung jaringan Internet, dial-up networking dan dukungan Plug and Play. WIndows 95 juga mendapat peningkatan kapabilitas multimedia.

Windows 98

Dipasarkan pada 25 Juni 1998. Diversi inilah Windows secara gila-gilaan mendapat dukungan port USB. Seperti SUB Scanner, USB Hub, USB Mouse & keyboard, USB Joystick dan berbagai perangkat USB lainnya.

Windows ME

Disebut juga sebagai windows Millennium Edition yang pastinya diluncurkan di tahun milenium yaitu tahun 2000. Tapi banyak masyarakat yang tidak suka dengan windows versi ini, karena kurang kompatibel dibanding windows 98 dalam menjalankan aplikasi tambahan.

Windows XP

Windows versi ini adalah peningkatan dari versi ME atau biasa juga disebut windows 2000. Windows XP Telah membawa hawa segar untuk dunia komputer. Membawa reliabilitas tinggi, keamanan serta performa yang lebih mantap. Dengan tampilan yang lebih segar dan memiliki fitur untuk bisnis ataupun computing, remote desktop connection, file system yang dapat dienkripsi system restore serta advanced networking.

Windows Vista

Disebut radikal di bagian user interface, microsoft mengklaim windows Vista lebih stabil, aman, dan memanjakan pengguna komputer walaupun sebagian besar orang menilai bahwa hal-hal tersebut sudah ada pada windows XP. WIndows vista juga disebut-sebut sebagai produk gagal.

Windows 7

Windows 7 disebut-sebut lebih handal dibanding dengan Windows Vista, selain peningkatan responsivitas, windows 7 juga diklaim lebih cepat pada saat proses booting dan shutdown. pengguna juga diharapkan dapat lebih mudah menyelesaikan tugas sehari-hari, membuat koneksi dan sinkronisasi antar perangkat.

Windows 8

Pada tahun 2012 microsoft Sempat menghilangkan tombol start pada sistem operasi Windows, yaitu dengan dirilisnya windows 8, sama halnya dengan windows vista. versi ini juga dinilai sebagai produk gagal. karena pada waktu itu masih banyak pengguna nyaman menggunakan windows 7.

Windows 8.1

Pada tahun 2013 dirilis Windows 8.1 sebagai perbaikan dari versi sebelumnya. Dengan mengembalikan tombol start dan booting langsung ke desktop.

WIndows 10

Diperkenalkan pada 30 tanggal 30 September 2014 dan dirilis pada 29 Juli 2015. Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pada saat pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8. Windows 10 juga dirancang untuk pengalaman pengguna yang tidak ada layar sentuh, termasuk kebangkitan menu start dan kemampuan menjalankan aplikasi Bursa WIndows.


Give us your opinion