Friday, January 22, 2021

Penyebab Laptop Mati Total

Cara menghidupkan laptop yang benar yaitu menekan tombol power laptop sekali dan tunggu layar laptop hidup beberapa detik. Jangan menekan berkali-kali, karena itu malah akan merusak laptop. Jika sudah menekan tombol power dan layar laptop tidak menyala dalam 2-4 menit berarti laptop tersebut mati. Seperti yang kita ketahui, yang namanya barang elektronik pasti mengalami kendala walaupun kita sudah menggunakannya dengan prosedur yang benar. 

Tapi kita juga harus mengetahui apa penyebabnya, jika laptop mati tidak hidup. Ada beberapa faktor penyebab laptop rusak. Itu biasanya karena pengguna lalai dengan prosedur pemakaian atau menggunakan dengan prosedur tidak wajar & di luar batas.

Beberapa faktor penyebab laptop mati total antara lain:

Masalah Baterai

Jika laptop tidak hidup ketika tidak tersambung dengan kabel adaptor atau kabel charger tapi masih bisa hidup ketika tersambung dengan kabel adaptor, kemungkinan besar itu disebabkan karena baterai laptop sudah rusak dan harus diganti. Biasanya hal ini terjadi karena penggunaan laptop dalam pekerjaan berat bersamaan dengan pengisian daya baterai.

Masalah Adaptor

Cek apakah ada daya listrik mengalir melalui stop kontak/UPS/stabilizer yang digunakan. Jika pada output stabilizer tidak ada tegangan maka masalahnya pada stabilizer/UPS. Hubungkan charger langsung ke sumber listrik dan cek lampu indikator, jika tidak menyala kemungkinan besar adaptor sudah rusak. Hal ini biasanya terjadi karena tegangan arus listrik tidak stabil sehingga memaksa adaptor bekerja lebih keras.

Masalah Komponen Power

Jika lampu indikator charger menyala dan tidak ada masalah, begitupun juga dengan baterai. Bisa coba periksa socket DC pada laptop. Socket DC yang rusak menyebabkan aliran listrik bermasalah. Selain itu komponen IC power yang rusak juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop mati. 

Masalah Prosesor

Sebagai komponen inti atau otak dari laptop, jadi jika prosesor mengalami kerusakan maka semua sistem tidak akan berjalan. Periksa prosesor dengan sangat hati-hati, bersihkan dari debu-debu dan periksa juga heatsink serta pembuangan angin. Ganti pasta prosesor dengan hat-hati, karena prosesor sangat rawan rusak jika salah memeriksanya.

Masalah RAM

Jika lampu indikator laptop hidup dan kipas menyala, tetapi layar laptop tidak ada tampilan apapun, kemungkinan besar disebabkan ram yang rusak. Cobalah dengan memasang RAM lain yang masih bagus. Atau bisa membersihkannya dulu dengan hati-hati kemudian pasang kembali.

Masalah Motherboard

Motherboard yang rusak bisa disebabkan karena ada konsleting. Konsleting sangat berbahaya, karena selain bisa merusak motherboard juga bisa merambah ke komponen lain. Coba lepaskan semua komponen di motherboard seperti DVD, hardisk, RAM dan lainnya. Bersihkan motherboard kemudian cek apakah motherboard berjalan ketika komponen lain tidak terpasang.


Give us your opinion