Thursday, March 18, 2021

Kamera "Jadul" Semakin di Gemari Para Pecinta Fotografi

Di era fotografi digital modern ini tak lepas dari berkembangnya teknologi yang sangat canggih pada kamera digital. Perusahaan kamera seperti Canon, Nikon, Kodak, Leica, Sony, Fujifilm dan banyak lagi semakin ngebut bersaing mengembangkan kamera-kamera terbaru yang canggih demi memanjakan fotografer profesional. Hasil foto pun lebih memuaskan pandangan mata dengan pixel lebih banyak. Seiring berkembangnya kamera digital, semakin terlupakan pula kamera analog dimana untuk menghasilkan foto harus sedikit ribet, mulai dari pemasangan film, develop sampai mencetak foto di kertas. Kamera analog tidak bisa melihat hasilnya secara langsung tidak seperti kamera digital, yang hasilnya bisa dilihat terlebih dahulu apakah sudah sesuai dengan keinginan atau belum.

Kamera analog atau biasa disebut kamera jadul, kamera vintage atau kamera retro memang semakin terlupakan. Tetapi tidak sedikit pula orang-orang memburu kamera jadul tersebut dengan alasan mulai untuk koleksi atau memang masih cinta dengan seni fotografi ala-ala retro. Mungkin alasan lain yaitu nilai seni foto dari kamera jadul lebih berkesan ketimbang dengan kamera digital modern seperti sekarang ini. Ada juga karena sang fotografer masih senang mengoperasikan kamera analog, karena dengan sistem kerja kamera analog yang bisa dibilang ribet tetapi hasil dari kamera tersebut akan terasa lebih berharga.

Untuk pasaran kamera analog bekas juga tidak main-main, semakin tua umur kamera semakin tinggi harga jualnya. Bagaimana tidak, salah satu kamera jadul merk Yashica mat 124g saja, dijual di lapak online atau marketplace seharga 3-5 juta jika kamera tersebut masih berfungsi normal. Dengan harga tersebut sudah bisa dibelikan kamera digital modern sekelas DSLR & Mirrorless yang canggih. Ada juga kamera jadul dijual dalam kondisi mati atau rusak, tentunya harganya juga lebih murah. Biasanya kamera jadul dengan kondisi rusak digunakan hanya untuk sebagai pajangan atau hiasan ruangan. Bagaimana? apakah kamu tertarik dengan kamera jadul?



Give us your opinion