Saturday, April 3, 2021

Cara Membuat Baterai Laptop Tidak Cepat Rusak

Baterai laptop merupakan salah satu komponen yang tidak kalah penting dan selalu menjadi perhatian jika seseorang ingin membeli laptop. Dengan daya tahan baterai yang baik tentunya pengguna akan nyaman menggunakan laptop tersebut saat beraktivitas di luar, jadi kamu tidak perlu repot memikirkan sumber daya listrik untuk mengisi kembali baterai laptop kamu.

Apalagi laptop menjadi alat utama untuk membantu pekerjaan kamu sehari-hari. Untuk saat ini memang mudah untuk mencari laptop dengan kapasitas baterai yang besar, ditambah lagi banyak juga laptop dengan prosesor canggih terbaru yang dirancang irit daya. Tetapi semua itu juga tidak berguna jika kamu mempunyai kebiasaan buruk dalam merawat laptop yang bisa membuat baterai laptop cepat rusak.

Ikuti beberapa tips cara menjaga baterai laptop tetap awet:

Gunakan Charger Laptop Original

Adanya kata original, tentunya memiliki kualitas yang bagus. Pastikan kamu selalu memakai charger laptop original yang memiliki sistem pengisian yang bagus, tidak seperti charger KW yang marak dijual di pasar atau lapak online. Walaupun charger laptop original harganya jauh lebih mahal dibandingkan yang KW.

Segera Cabut Ketika Baterai Sudah Terisi 100% 

Walaupun ada laptop canggih yang memiliki sistem auto cut off baterai, tetap saja kamu harus mencabut charge laptop ketika baterai sudah terisi penuh. Selain untuk menjaga kualitas baterai, bisa jadi dengan alasan antisipasi. Karena bisa saja fitur auto cut off baterai belum maksimal.

Hindari Baterai Sampai Habis Bersih

Banyak orang yang masih memiliki kebiasaan menggunakan laptop sampai laptop mati total karena kehabisan daya baterai. Kebiasaan ini merupakan penyebab umur baterai yang cepat rusak. Kamu wajib mengisi baterai ketika daya baterai sudah mencapai 20%, di sistem operasi windows atau yang lainnya pasti juga ada peringatan ketika baterai laptop minta di charger.

Perhatikan Temperatur ketika mengisi baterai

Salah satu faktor penyebab baterai cepat rusak adalah temperatur yang tinggi (panas). Apa lagi laptop yang sudah menggunakan kartu grafis yang dikhususkan untuk design atau bermain game, dimana laptop dengan spesifikasi tinggi akan lebih banyak menggunakan daya baterai. Sehingga baterai akan panas dan akan kehilangan kemampuan menyimpan daya.

Tutup aplikasi yang tidak penting

Selain hardware, software juga bisa memakan daya baterai saat berjalan di belakang. Jadi sebaiknya kamu tutup aplikasi yang sedang berjalan di belakang. Dan juga banyak membuka aplikasi membuat prosesor bekerja lebih keras dan memakan daya baterai lebih banyak.


Give us your opinion